Sunday 7 August 2016

Knugrha

Memahani Makna Al-Asma'u Al-Husna

Telah kita ketahui bahwa Allah Swt. memiliki 99 nama yang indah. Tujuh di antara 99 Asmaul Husna tersebut akan di bahas sebagaimana uraian berikut. Ketujuh asmaul husna tersebut antara lain Al-Mukmin, Al-Wakil, Al-Matin, Al-Jami' , Al-Adl, dan Al-Akhir .

1. Al-Karim
    Al-Karim Artinya yang mahamulia ,Allah adalah zat yang Mahasempurna dengan kemuliaan-Nya . Al-Karim ialah Zat yang banyak memberi dan berbuat baik tanpa diminta

2 Al-Mukmin
   Al-Mukmin secara bahasa berassal dari kata anima yang berarti pembenaran, ketenangan hati, dan aman, Al- Mukmin mempunyai makna Yang mengamankan seluruh Makhluk-Nya dari segala bahaya dan kerusakan keamanan dan rasa aman yang kita peroleh tidak terlepas dari kekuasaan Allah,

3. Al-Wakil
   Al-Wakil berarti yang Maha Mewakili , Dialah wakil yang mutlak ,yang mengurusi segala sesuatu yang menjadi urusan hamba-Nya, selain itu dia juga menjadikan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh umat manusia, hanya Allah yang dapat memudahkan makhluk-Nya dari kesusahan yang dihadapi. Al-Wakil juga dimaknai sebagai Maha Pemelihara .

4. Al-Matin
   Al- Kata Al-Matin merupakan kata sifat yang diambil dari kata mtn, yang berarti kukuh dan kuat. Makna "Al-Matin" adalah Yang Maha Sangat Kuat. Dia mahamampu memberlakukan perintah dan ketentuan-Nya kepada semua makhluk-Nya ( Tanpa ada satupun yang mampu menghalangi ).

5. Al-Jami"
    Jami' berasal dari kata Jama'ah yang artinya kumpulan ,lebih satu, banyak. Al-Jami' artinya Yang Maha Mengumpulkan . Allah SWt. Maha mengumpulkan makhluk pada hari yang tidak ada keraguan di dalamnya.

6.Al- 'Adl
   Al'Adl berarti adil maksudnya Allah Swt. adalah zat yang mahaadil.keadilan allah SWT terhadap makluk-Nya meliputi segala hal, baik menyangkut urusan keduniaan maupun urusan akhirat . Keadilan Allah swt juga didasari oleh ilmu Allah Swt,Yang mahaalus, sehingga tidak mungkin keputusanya itu salah.

7. Al-Akhir
   Makna Al-Akhir adalah zat yang tiada susuatu setelahnya, Nama Allah Swt ,ini menunjukan keabadian-Nya dan kekekalan-Nya. Hal ini menunjukan bahwa dia merupakan bawha dia merupakan tujuan dan tempat bergantung seluruh makluk menuju kepada-Nya dengan ibadah ,harapan ,rasa takut, dan seluruh keperluan mereka .

Knugrha

About Knugrha -

Kristian Nugraha

Subscribe to this Blog via Email :