Monday 8 August 2016

Knugrha

Aritkel Persebaran dan Perkembangan Islam

Dipagi ini saya akan menjelaskan tentang Persebaran dan Perkembangan Islam walaupun lagi sakit parah :')

Kendatipun setiap nabi bersaudara dan membawa risalah yang sama, Nabi Muhammad Saw. Memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki nabi lain. Keistimewaannya, Risalah yang dibawa Nabi Muhammad Saw. tidak terbatas untuk bangsa arab, melainkan juga seluruh umat manusia sejak beliau diutus hingga kelak akhir zaman. Hal ini menjadikan risalah Nabi Muhammad saw, tetap berlaku biarpun beliau sudah wafat lebih dari 1.350 tahun yang lalu .

    Sejak Islam didakwahkan , semangat untuk menyebarkan islam tetap terpelihara. Pada masa nabi Muhammad saw. penyebaran islam telah jauh melampaui kawasan yang beliau kuasai. Sebelum Islam diterima secara baik oleh orang-orang Mekah, dakwah islam telah  meluas hingga ke Habsyah ( Ethiopia Afrika ). Kehadiran islam hingga ke Habsyah menandai mulai dikenalnya islam oleh masyarakat diluar Jazirah Arab. Dakwah di Habsyah telah membuat pemimpin Habsyah ,yakni Raja Najasy, memeluk islam, dan kemudian mejadi salah satu tonggak penyebaran Islam ke seantero dunia.

Penyiaran Islam ke luar Jazirah Arab pertama dilakukan Nabi Muhammad saw, dengan mengirimkan surat kepada beberapa pemimpin negara seberang , seperti Romawi , Syam dan Persia. Beberapa di antaranya memberikan jawaban yang baik meskipun para pemimpin negara itu tidak memenuhi ajakan Nabi Muhammad Saw. untuk memeluk Islam. Beberapa yang lain menolaknya dengan keras . kendatipun mendapat tentangan dan penolakan, dakwah islam terus berjalan dan kemudian membawa hasil yang cukup mengggembirakan .

Pada era Khulafaur Rasyidin ,Islam telah diterima oleh berbagai kalangan masyarakat dalam carakupan wilayah yang sangat luas . Pada masa Dinasti Ummayah dan Abbasiyah ,Islam telah tersebar ke hampir seluruh pelosok dunia. Dengan nilai dan ajaran Islam yang tinggi , Dinasti ini membentuk budaya Islam yang mewariskan ilmu pengetahuan yang tinggi, Jejak kebudayaan islam terentang di wilayah-wilayah yang pernah dikuasai umat islam. Kejayaan masa itu juga meninggalkan bangunan bersejarah, perpustakaan kuno ,hingga universitas ternama ( Al-Azhar) yang sangat berharga.

Peninggalan-peninggalan tersebut menjadi bukti peran Islam di Dunia. Dakwah islam pada masa lalu juga berhasil menambah persebaran dan tingkat pemeluk islam . Saat ini Islam dianut oleh lebih dari satu miliar penduduk bumi. Kaum Muslimin tersebar diseluruh dunia, dari ujung barat Eropa hingga ujung timur Rusia, Islam terentang dari selatan Australia hingga kutup Utara.
 Terimakasih Berikut ini saya udah sampaikan Artikel tentang penyebaran islam dan perkembangan Islam :)

Knugrha

About Knugrha -

Kristian Nugraha

Subscribe to this Blog via Email :